langkah pemasangan NGT


Intoduksi
·         Salam
·         Perkenalan
·         Penyampaian data dignosa
·         Tujuan
·         Kontak waktu dan tempat

Praktek
·         Pasang Handuk di dada pasien
·         Letakkan Nirbeken di samping wajah pasien
·         Pasang Handscoon
·         Taruh Kassa lalu beri Jellis di dada pasien
·         Bersihkan hidung pasien dengan Kassa dan amati dengan Penlight
·         Taruh Kassa kotor ke Nirbeken
·         Ambil NGT
·         Ukur panjang NGT  yang akan dimasukan dengan memanjangkan selang dari telingan ke ujung hidung ke proxesussipoid atau proxesussipodius
·         Jepit batas luar NGT dengan Artery Clam
·         Pegang ujung NGT  yang satunya dengan Pinset lalu lumasi dengan Kassa yang telah diberikan jelli
·         Memposisikan pasien pada posisi Flexi atau menunduk
·         Masukan NGT dengan menyuruh pasien untuk menelan
·         Beri Plaster pada batas luar NGT
·         Ikat ujung NGT
·         Periksa dengan air dalam kom
·         Periksa dengan meletakan difragma stetoskop di epigastrium atau daerah lambung lalu suntikan angin yang telah disisi dalam Spuit dengan tekanan yang kuat
·         Periksa dengan menarik Spuit apabila yang tertarik cairan berwarna kuning berarti NGT sudah mencapai lambung

Pelepasan
·         Letakan NGT di dekat wajah pasien
·         Buka Plaster
·         Tarik NGT

Memberikan makanan melalui NGT
·         NGT dalam keadaan masuk dalam tubuh pasien dalam keadaan tersumbat oleh tutup spuit
·         Pasangkan dengan Corong
·         Masukan air putih
·         Masukan makanan
·         Masukan air putih
·         Posisikan Corong kurang lebih 30-50cm
·         Sebelum habis lekukan kembali sebelum udara masuk kedalam tubuh pasien
Introduksi
Salam
Ass ibu,
Selamat pagi,
Perkenalan
Perkenalkan nama saya Aditia Ananda,
Saya berasal dari STIK muhammadiyah Pontianak,
Saya dinas pagi dari jam 8 sampai jam 11 siang
Kebetulah sekaran ibu menjadi tanggung jawab saya ya bu.
Pemaparan data
Menurut data yang saya baca ibu sudah tidak makan selama 3 hari ya bu,
Tujuan
Kalo begitu saya akan memasangkan selang makan (NGT) pada ibu,
Tujuan dari pemasangan selang makan ini adalah memepermudah ibu untuk makan,
Untuk menstabilkan kondisi tubuh ibu supaya normal kembali seperti keadaan semula ya bu
Kontark waktu
Permasangannya bisa kita lakukan disini
pemasangan ini tidak berlangsung lama hanya sekitar 10-20 menitbu, sayay harap ibu dapat bekerja sama dengan saya dengan mengikkuti instruksi yang saya berikan ya bu,
Saya siapkan alatnya dulu ya bu
Handscoon
Plaster
Gunting plaster
Penlight
NGT
Kom berisi iar
Kassa
Tissu
Nirbeken
Spuit 10cc
Bak instrument
Artery clam
Stetoskop
Corong gelas ukur

Pertama tama saya akan meletakan handuk di dada ibu ya bu, kemudian nirbeken di samping wajab ibu, lalu letakan kassa yang telahj diberi jelly fungsinya untuk melumasi NGT yang akan dimasukan ke dalam tubuh ibu, fungsi dari k2 nya adalah untuk melindungi tubuh ibu agar tidak kotor dan nirbeken untuk menaruh atau meletakan alat yang telah selesai dipakai
Kemudia saya periksa dulu hidung ibu ya bu, kalau ada kotoran akan saya bersihkan, (senter dengan penlight, bersihkan dengan tisuu)setelah itu, lanbgsung saja saya akan memasang selangmakan pada ibu, Buka selang dari bungkus
Ukur panjang selang yang akan dimasukan kedalam tubuh pasien dengan memanjangkannya dari cuping telinga ke hidung lalu ke poxesusipoid atau poxesusipodius
Lalu jepit batas luar dengan artery clam , olesi NGT dari batas luar jke batas dlam dengan kassa yang telah diberi jelly tadi,
Kemudian beri aba aba atau instruksi kepada pasien untuk menelan saat hendak memasukan NGt dalam tubuh pasien, pegan ujugn yang akan sdimasukan ke dalam tubuh pasien dengan pinset anatomis
Lalu masukan
Setelah  beri plaster pada NGt yang di hidung pasien
Kemudian saya akan memeriksa apakah NGt yang dimasukan pada tubuh ibu sudah tepat masuk pada lamnubng ibu
Dengan menenggelanmkan ujung yang satunya di dalm kom yang berisi air
Cara 2 dengan menarik spuit apabila yang terlihat di NGT adlah caiarna berwarna kunig  berarti NGT sudah masuk ke lambung , cairan klambung berwarna kuning
Meletakan difragma di bagian dada ( epigastrium /lambung) dorong spuitdnegna kencang apabila terdengan suara berarti sudah masuk kedalam lambung,
Kemudian tutup ujung NGT dengan penutup spuit

Memasukan makan ke dalam tubuh dengan NGT
Tinggikan NGT dengan setinggi 20-30cm pasangkan corong dengan ujung NGT lalumasukan air puti kemudian makan dan terakhir masukan air putih lagi



0 komentar:

Posting Komentar